Banyak Hal Yang dapat di Abadikan

Tuesday, 20 December 2016

CARA MENGGUNAKAN FORMULA "RANK" DI MICROSOFT EXCCEL


Penggunaan Rank pada Microsoft Excel



Untuk mempermudah pekerjaan kita dalam penjumlahan, Microsoft sudah mempermudah dengan adanya Microsoft excel yang dilengkapi dengan fitur- fitur yang canggih, salah satu formula yang sangat membantu adalah formula “rank” untuk meranking data sesuai dengan kriteria, contoh kecilnya sangat mempermudah  pekerjaan seorang guru yang setiap semesternya harus merankingkan nilai murid- muridnya di sekolah.
Kali ini saya akan menjelaskan cara menggunakan formula ranking “rank”
Untuk itu ikuti langkah- langkah dibawah ini ya :

  •  Buka Microsoft Excel yang ada di computer anda
  • Setelah itu, buka data yang ingin di ranking seperti data saya di bawah ini

  •  Pada kolom dengan tanda panah saya akan meranking nilai dari kolom Rata- Rata disamping kolom Ranking
  •  Disini saya akan menjelaskan dengan cara manual dulu, yaitu pada kolom ranking  dengan tanda panah merah  ketik  =rank(
  •  Seperti gambar dibawah ini


  •  Selanjutnya Klik data yang di ingin di Ranking, pada data diatas saya akan meranking data pertama pada kolom rata- rata, setelah di klik selanjutnya tekan tanda   ,” pada keyboard computer anda  lalu blok data ref yaitu berupada data keseluruhan yang akan di ranking, untuk data ref diatas terdapat pada kolom rata-rata pada barisan kedua sampai ke barisan kolom nomor 20, seperti gambar di bawah berikut ini


  • Setelah menklik  data pada kolom pertama rata-rata, selanjutnya tekan tombol “,” sebagai pemisah antara data
  •  Selanjutnya blok seluruh data pada kolom Rata-rata, termasuk data pertama pada kolom rata-rata yang sebelumnya sudah di klik, untuk lebih jelasnya lihat gambar dibawah ini
  • Setelah memblok data seluruhnya tekan tombol “F4” Pada Keyboard computer anda, bertujuan untuk merubah data menjadi absolute seperti pada gambar dibawah ini
  •  Tekan tanda “,” dan untuk nilai ordernya tekan angka “0” atau “1
  •   0” menyatakan descending dalam artian meranking data yang paling besar dan diurutkan ke yang terkecil
  •   1” menyatakan sebaliknya data yang paling kecil dan diurutkan ke yang terbesar
  •   Untuk selanjutnya jangan lupa tekan tanda “)” untuk menutup formula/ rumus yang sudah diketik 
  •  Setelah semua formula/ rumus sudah selesai, selanjutnya akan diperoleh seperti dibawah ini
     
  • Tekan “Enter” selanjutnya hasilnya seperti dibawah ini

  • Selanjutnya tarik tanda “+” pada kolom yang berisi angka “8” dan secara otomatis untuk baris selanjutnya akan memiliki hasil dengan rumus yang sama seperti sebelumnya


TADAAAA! Mungkin pembahasan kali ini cukup sekian dulu ya, semoga bermanfaat.

***